Mengenal Kode Transmisi Mobil Matic

    Bagi anda yang terbiasa mengendarai mobil dengan transmisi manual, mencoba mobil matic tentunya pengalaman yang bikin bingung. Dari kaki yang menendang angin lupa kalau pedal kopling tidak ada, sampai tangan yang gatal ingin mengubah posisi tuas gigi (gear) saat hendak menambah atau mengurangi kecepatan kendaraan. Semua ini perlu dipelajari dan dibiasakan sebelumnya.

    Tak hanya hilangnya pedal kopling, pemindahan tuas transmisi mobil matic berbeda dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual. Jika tuas transmisi manual berpindah ke kanan kiri depan belakang, tuas transmisi matic pada umumnya cuma maju mundur saja.

    Transmisi otomatis pada mobil sedan Honda Civic

    Berikut kode huruf atau angka untuk transmisi mobil matic.

    P

    Kode huruf P (park) artinya posisi transmisi untuk parkir, saat hendak menyalakan mesin mobil dan juga saat hendak mencabut kunci mobil. Pada posisi ini transmisi akan terkunci, sehingga mobil tidak dapat didorong maju atau mundur. Jika kita memarkir kendaraan dengan posisi pararel, agar tidak mengganggu kendaraan lain, kita bisa memindah tuas dari posisi P ke N, dengan terlebih dahulu menekan tombol “Shift Lock”.

    R

    Kode huruf R (reverse) artinya posisi transmisi untuk mundur. Perlu diingat, sebelum memindah transmisi ke R dari posisi lainnya, pastikan kita selalu menginjak pedal rem. Baru kemudian setelah kita berada pada posisi R, kita dapat melepas pedal rem secara perlahan-lahan.

    N

    Kode huruf N (neutral) artinya posisi transmisi netral. Pada posisi ini, sistem transmisi tidak terhubung dengan putaran mesin. Kita dapat berpindah ke posisi ini jika kendaraan berhenti sebentar, misal di kemacetan atau di depan lampu lalu lintas.

    D

    Kode huruf D (drive) artinya posisi transmisi berkendara normal sampai cepat dengan posisi gigi dari yang terendah sampai ke gigi yang tertinggi. Posisi D cocok dipakai saat kendaraan melintas di jalanan yang datar atau bisa juga di tanjakan dan turunan yang relatif landai.

    3

    Kode angka 3 artinya posisi transmisi berkendara dengan dibatasi sampai gigi 3. Jika kita sedang melaju dengan kecepatan cukup di posisi D, kemudian kita ingin mendahului kendaraan yang ada didepan, kita dapat memindah transmisi ke posisi 3. Hal ini bisa meningkatkan RPM sehingga mobil akan terasa lebih bertenaga.

    2

    Kode angka 2 artinya posisi transmisi berkendara dengan dibatasi sampai gigi 2. Transmisi 2 ini digunakan saat kita berkendara di tanjakan dan turunan yang cukup curam. Pada saat menanjak, mobil akan mendapatkan torsi besar. Dan pada saat di turunan, transmisi 2 bisa digunakan sebagai engine brake. 

    1 atau L

    Kode angka 1 atau huruf L (low) artinya posisi transmisi berkendara dengan dibatasi sampai ke rasio gigi paling rendah (gigi 1). Transmisi 1 atau L digunakan saat kita berkendara di daerah dengan tanjakan atau turunan curam dengan laju kendaraan yang stabil.

    Mudah-mudahan ini dapat membantu anda mengenali kode-kode angka atau huruf pada sistem transmisi mobil matic.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda
    Silakan masukkan nama anda