Teknologi VAR di Sepakbola

VAR adalah singkatan dari Video Assistant Referee. Sebuah sistem yang digunakan untuk membantu wasit mengambil keputusan dengan cara mengevaluasi sebuah kejadian melalui rekaman video.

Latar belakang dibuatnya VAR

Dalam pertandingan sepakbola, seringkali terjadi kontroversi disaat keputusan yang dibuat wasit diragukan kebenarannya atau malah salah sama sekali. Misalnya apakah bola sudah benar-benar masuk kedalam gawang, apakah seorang pemain offside sebelum mencetak gol dimana posisi dia luput dari pengawasan asisten wasit. Apakah wasit memberikan kartu ke pemain yang tepat, dan lain-lain.

Perselisihan atas sebuah insiden dalam pertandingan

Kejadian-kejadian yang tidak terlalu jelas acapkali memicu protes dari pihak yang merasa dirugikan, baik disaat pertandingan berlangsung ataupun sesudah pertandingan selesai.

Siapa yang menjalankan VAR

VAR dikendalikan oleh tiga orang asisten wasit. Mereka bertugas membantu menganalisis video rekaman ulang sebuah kejadian dalam pertandingan sepakbola, untuk kemudian memberikan masukan kepada wasit sehingga keputusan yang ia buat akan selalu tepat. Tiga orang asisten wasit tersebut terdiri dari Asisten wasit VAR itu sendiri dibantu oleh seorang asisten dan seorang operator video untuk menampilkan tayangan ulang. Mereka berada dalam sebuah ruangan khusus yang dilengkapi dengan beberapa monitor video.

Ruang kontrol VAR

Keputusan wasit yang dapat dianulir oleh VAR

Ada empat macam keputusan yang dapat ditinjau kembali menggunakan VAR. Diantaranya sah tidaknya sebuah gol, apakah bola sudah benar-benar masuk kedalam gawang dan juga apakah ada pelanggaran pada proses terjadinya gol tersebut. Kemudian keputusan penalti, kartu merah dan kesalahan pemberian kartu ke orang yang tidak tepat.

Hasil review VAR, gol dianulir karena offside

Keputusan wasit yang dapat dibatalkan oleh VAR hanya untuk keputusan yang terlihat dengan jelas bahwa keputusan itu sepenuhnya tidak benar.

Proses penggunaan VAR dalam sebuah pertandingan

Permintaan evaluasi sebuah keputusan wasit dengan bantuan VAR dilakukan karena dua hal, yang pertama adalah permintaan sang wasit sendiri. Sesaat setelah membuat keputusan, kemudian wasit merasa kurang yakin atas keputusan yang baru saja dia buat, dia bisa meminta bantuan VAR. Yang kedua adalah atas rekomendasi asisten wasit VAR. Saat mereka melihat keputusan yang baru saja dibuat wasit tampak sebagai kesalahan yang jelas, mereka bisa memberitahu dan memberi masukan kepada wasit

Wasit melihat rekaman pertandingan

Setelah melihat kembali rekaman pertandingan, wasit memiliki tiga opsi, yang pertama langsung membatalkan keputusan yang dia buat berdasarkan masukan dari tim VAR, yang kedua dengan mengevaluasi keputusan dengan melihat tayangan ulang insiden pada sebuah monitor yang disediakan di luar lapangan, atau tetap pada keputusan semula.

Hingga saat ini VAR sudah digunakan pada beberapa kejuaraan penting, seperti Piala Dunia 2018 di Rusia, Liga Champions Eropa musim 2018-2019, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, dan kejuaraan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda
Silakan masukkan nama anda