Siapa Itu Generasi Milenial?

Belakangan ini sering kita dengar orang-orang menyebut tentang generasai milenial, baik di seminar-seminar, ulasan ekonomi bisnis, usaha-usaha rintisan, cuitan di sosial media, obrolan di warung angkringan dan lain sebagainya. Sebagian dari kita mungkin masih bertanya-tanya, siapakah generasi milenial itu?

Membaca kata generasi, sedikit banyak orang akan terbantu memahami frasa generasi milenial. Tentunya ini berkaitan dengan kelompok orang dengan tanggal lahir pada kisaran waktu sama. Satu angkatan hidup, satu turunan. Tapi kelompok usia berapakah milenial ini?

Ada beberapa pendapat dan metode dalam membagi generasi, belum ada kesepakatan dan standar baku kapan satu generasi itu dimulai dan kapan berakhir berganti dengan generasi baru. Demikian juga faktor geografis, ekonomi, sosial, teknologi mempengaruhi cara hidup, karakter dan kebiasan orang meskipun mereka berasal dari satu generasi yang sama.

Untuk kali ini kita akan mengulas pengelompokan generasi yang banyak dipakai di negara-negara barat.

Greatest Generation

Tahun lahir 1910-1924
Usia di tahun 2019 95-109 tahun
KarakteristikTumbuh pada masa-masa sulit dan keras era Great Depression. Sebagian ikut berperang pada perang dunia II. Dinamai Greatest Generation karena mereka punya sifat patriotik, membela kebenaran.

Silent Generation

Tahun lahir 1924-1945
Usia di tahun 2019 74-95 tahun
KarakteristikLahir pada masa-masa sulit dan keras era Great Depression. Anak-anak yang terlahir pada generasi ini adalah pekerja keras dan pendiam. Tidak terdengar suara dan pendapatnya tentang berbagai hal. Sangat hati-hati dan konservatif dalam membelanjakan uang.

Baby Boomers

Tahun lahir 1946-1964
Usia di tahun 2019 55-73 tahun
KarakteristikWorkaholik, percaya diri, bisa bekerja dalam tim, mentor yang baik. Kurang sigap dan siap menghadapi perubahan, membutuhkan pengakuan dan penghargaan agar tetap termotivasi, kurang mengikuti perkembangan teknologi dan konsumtif.

Generasi X

Tahun lahir 1965-1979
Usia di tahun 2019 40-54 tahun
KarakteristikPekerja yang baik, menyukai keseimbangan antara kerja dengan kehidupan diluar pekerjaan. Secara umum berpenghasilan paling besar. Kurang ekspresif dalam menyuarakan ketidaksetujuan dengan atasan di tempat kerja, lebih menghargai pekerjaan yang dilakukan dengan cepat ketimbang menambah waktu demi hasil yang lebih optimal serta cenderung skeptis.

Generasi Y (Millenial)

Tahun lahir 1980-1994
Usia di tahun 2019 25-39 tahun
KarakteristikSangat aktif menggunakan gadget, smartphone dan internet, memiliki beberapa akun sosial media. Tidak loyal pada merek namun lebih melihat fitur produk dan service yang diberikan. Lebih memilih untuk mengerjakan pekerjaannya sendiri ketimbang mendapat panduan sehingga kurang tertarik pada kerja tim. Menaruh perhatian pada etika dan tanggungjawab sosial dari perusahaan tempat mereka bekerja. Memiliki etos kerja lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Kurang sabar dan sering berpindah tempat kerja dalam waktu kurang dari 2 tahun jika merasa tidak puas.

Generasi Z (iGen / Post-Millenial)

Tahun lahir 1995-2015
Usia di tahun 2019 3-24 tahun
KarakteristikSejak lahir sudah mengenal dunia internet dan perangkat mobile. Smartphone adalah perangkat utama untuk berkomunikasi. Terbiasa bekerja multitasking dengan beberapa perangkat. Kurang fokus pada sesuatu yang dikerjakan karena arus informasi yang berubah dengan sangat cepat. Kurang loyal pada perusahaan tempat bekerja. Karena belum pernah hidup di era sebelum adanya internet dan perangkat teknologi terbaru, mereka memiliki ketergantungan yang tinggi pada perangkat teknologi untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Lebih bersifat individual dan berjiwa wirausaha dibandingkan generasi sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda
Silakan masukkan nama anda