Hari-hari belakangan ini sampai bulan April nanti, nampaknya kita perlu memperhatikan betul-betul kebugaran fisik dan mental. Pastikan asupan gizi, waktu istirahat dan kelapangan hati dalam kondisi prima karena kedepan stamina dan daya tahan kita akan benar-benar diuji.

Keriuhan pilpres tahun 2014 dulu nampaknya belum berhasil menambah wawasan pengalaman bagi sebagian banyak masyarakat kita. Perlombaan penawaran ide, rencana dan strategi untuk mengabdi bagi nusa bangsa berubah menjadi perlombaan menguliti kesalahan dan kekurangan orang lain, saling mencela dan merendahkan, serta pertunjukan cinta buta dan benci buta.

Ada dua hal esensial dalam setiap perlombaan, yaitu tujuan dan cara. Hal pertama tentulah mudah dipahami. Setiap peserta lomba pastilah punya keinginan untuk memenangkan perlombaan. Jika ada peserta lomba yang hanya ingin berpartisipasi saja sebagai peserta penggembira tanpa berharap tampil menjadi juara, maka kita patut mempertanyakan keseriusannya berlomba.

Lomba lari (Sumber foto: Pixabay)

Situasai menjadi rumit saat kita beranjak ke hal yang kedua yaitu cara. Kelayakan dan kepatutan seorang peserta lomba dinobatkan menjadi pemenang akan dapat dinilai dari bagaimana cara dia untuk memenangi perlombaan tersebut. Apakah dia berusaha keras berlari lebih cepat ke garis finish atau sibuk menjegal peserta lain agar tidak ada yang mencapai finish lebih cepat dari dirinya.

Saling berlomba menawarkan program terbaik untuk pembangunan dan pengelolaan negara, atau berlomba saling menjatuhkan, caci maki, menghina merendahkan, black campaign dan sejenisnya.

Nahasnya, perbedaan ini terbawa-bawa sampai ke kehidupan sehari-hari. Saudara tidak saling bertegur sapa, teman sejawat berdebat sengit lalu putus silaturahmi, mute, block, unfollow, unfriend dan lain sebagainya.

Kalau sudah begitu, apa yang kita dapatkan? Apakah hidup mulia karena peserta pilihan kita menjadi juara, ataukan justru memperoleh tumpukan dosa dan putusnya silaturahmi?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda
Silakan masukkan nama anda disini